Berita Satuan

Kodim 1002 Barabai Bantu Penanganan Banjir di Haruyan

Dibaca: 10 Oleh 14 Mei 2021Tidak ada komentar
Kodim 1002 Barabai Bantu Penanganan Banjir di Haruyan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Kodim 1002/Barabai membantu penanganan bencana banjir yang terjadi pada Kamis (13/5/2021) sekitar pukul 19.00 WITA di Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Banjir yang disebabkan luapan Sungai Loklaga Haruyan yang berhulu dari Pegunungan Hamak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) itu, mengakibatkan lima desa terendam banjir, antara lain Desa Haruyan Seberang, Desa Pengambau Hilir Dalam, Desa Lok Buntar, Desa Mangunang, dan Desa Haruyan.

Kodim 1002/Barabai melalui Kepala Staf Mayor Arm Agus Sutisna didampingi Plh. Danramil 1002-03/Haruyan Peltu Henri Murpianto, mengatakan bahwa Kodim 1002/Barabai membantu evakuasi warga dan pasca banjir melakukan pembersihan fasilitas umum, tempat ibadah dan rumah warga, salah satunya di garasi dan Masjid Mujahidin di RT. 003 Desa Haruyan Seberang yang sebelumnya digunakan untuk pengungsian sementara oleh warga.

“Hari ini, satu lagi desa yaitu Desa Pengambau Hilir Luar terkena dampak dari banjir tersebut,” kata Agus Sutisna, Jumat (14/5/2021)

Agus Sutisna pun mengungkapkan Kodim 1002/Barabai selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana alam Daerah (BPBD), Polres dan SKPD terkait untuk menangani banjir tersebut.

Lebih lanjut Agus Sutisna mengatakan untuk debit air sudah ada penurunan sekitar 20 centimeter. Air pun mengalir tidak begitu deras lagi, dan untuk para pengungsi sudah kembali pulang ke rumah masing-masing dan aktivitas warga kembali normal.

“Namun demikian, kita mengimbau kepada warga untuk tetap waspada jika terjadi hujan, kemungkinan sungai bisa kembali meluap,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel