Berita Satuan

Koramil Tibawa Antisipasi Erosi di Bantaran Sungai Alo

Dibaca: 14 Oleh 21 Jan 2021Tidak ada komentar
Koramil Tibawa Antisipasi Erosi di Bantaran Sungai Alo
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Koramil 1314-04/Tibawa bersama Polsek Tibawa, pihak Pemerintahan Desa dan warga Desa Buhu, melakukan antisipasi terjadinya erosi dengan melakukan pengerukan dan pembuatan pengalihan aliran di sungai Alo Desa Buhu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Korem 133/NW, Mayor Inf Fathan Ali dalam rilis tertulisnya di Gorontalo, Rabu (20/01/2021).

Koramil Tibawa Antisipasi Erosi di Bantaran Sungai Alo

Disampaikannya, sebelumnya pada Selasa (19/01/2021) akibat hujan deras sehingga air sungai meluap dan terjadi erosi pada bantaran Bantaran Sungai Alo yang mengakibatkan satu unit rumah warga mengalami retak serta jebol pada bagian belakang rumah, namun tidak mengakibatkan korban jiwa pada warga yang rumahnya rusak.

“Erosi diakibatkan akibat luapan air sungai yang deras. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi erosi kembali, dilakukan pendalaman dasar sungai dan pembuatan saluran pengalihan aliran air sungai dengan menggunakan alat berat,” katanya.

“Selain itu, akan dilakukan pembuatan bronjong yang berfungi sebagai tanggul penahan erosi yang sedang dikoordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk pembuatannya,” lanjutnya.

Sementara itu, Plh Danramil 1314-04/Tibawa Pelda Suyanto mengatakan sampai dengan saat ini kegiatan pengerukan serta pengalihan arah air sungai masih dilaksanakan dengan pengawasan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan pihak pemerintahan Desa Buhu.

“Semoga apa yang kita lakukan ini, mampu mencegah terjadinya erosi dan sebagai upaya kita bersama untuk meminimalkan korban dan kerugian apabila terjadi erosi kembali,” harapnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel