Satgas Pamtas

Lestarikan Alam Papua, Satgas Yonif 754 Ajak Masyarakat Menanam Mangrove

Dibaca: 70 Oleh 04 Sep 2020Tidak ada komentar
Lestarikan Alam Papua, Satgas Yonif 754 Ajak Masyarakat Menanam Mangrove
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Menjaga keseimbangan, ekosistem sekaligus melestarikan alam Papua, Satgas Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad mengajak masyarakat untuk bersama-sama menanam bibit mangrove di Kampung Sempang Timur, Mimika.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad, Letkol Inf Dodi Nur Hidayat dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (4/9/2020).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan penanaman bibit mangrove di sekitar aliran sungai dan pesisir pantai yang dilaksanakan pada Kamis (3/9/2020), selain menjaga keseimbangan alam, juga memiliki manfaat dalam mencegah erosi, abrasi dan instrusi,” ujarnya.

“Dipimpin Danpos Jita, Letda Inf Khafi, kegiatan penanaman ratusan bibit mangrove ini dilakukan Satgas bersama masyarakat untuk memberikan motivasi dan memupuk kesadaran warga akan rasa cinta terhadap lingkungan pesisir pantai,” ujarnya.

“Kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat ini, diharapkan tumbuh kepedulian warga untuk menjaga dan merawat alam, khususnya menjaga hutan mangrove yang ada di pesisir pantai,” jelas Dodi Nur Hidayat.

Lestarikan Alam Papua, Satgas Yonif 754 Ajak Masyarakat Menanam Mangrove

Lebih lanjut dikatakan, penanaman bibit mangrove memiliki nilai multi dimensi, karena selain bertujuan mengurangi abrasi pantai, dapat menambah pendapatan masyarakat karena bakau adalah habitat berbagai ikan, ketam dan beberapa jenis hayati.

“Selain itu, kegiatan seperti ini juga memiliki nilai edukasi, di mana melalui kegiatan ini dapat pula memberikan pemahaman kepada generasi penerus bangsa akan pentingnya upaya pengendalian lingkungan dan menjaga keseimbangan alam,” urainya.

Dodi juga memberi apresiasi kepada prajuritnya yang telah menggelar kegiatan ini, sebagai bentuk kontribusi nyata dalam menjaga habitat dan kelestarian alam.

“Kami juga berharap segala inovasi, kreativitas, kepedulian dan aksi nyata selalu muncul dari segenap lapisan masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitarnya,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Yohanes (18) salah satu pemuda yang ikut ambil bagian dalam kegiatan penanaman ini mengucapkan terima kasih atas inisiatif Satgas untuk menanam mangrove di kampung mereka.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Satgas, sudah memberikan wawasan dan pengetahuan serta manfaat dari tanaman mangrove itu sendiri,” tuturnya.

“Kami juga mengajak masyarakat agar tumbuh kesadarannya dalam menjaga lingkungan serta ikut peduli merawat dan melestarikannya yang kelak akan diwariskan kepada anak cucu kita di kemudian hari,” pungkasnya sambil berharap. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel