Berita Satuan

Mujarab, Mengkudu Babinsa Sertu Parwoto Bantu Petani Aceh Usir Tikus

Dibaca: 133 Oleh 10 Jun 2020Tidak ada komentar
Mujarab, Mengkudu Babinsa Sertu Parwoto Bantu Petani Aceh Usir Tikus
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Sungguh mujarab, ramuan buah mengkudu Babinsa Koramil 03/Lageun, Kodim 0114/Aceh Jaya, Sertu Parwoto bantu petani Aceh untuk mengusir hama tikus yang menyerang tanaman padi.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0114/Aceh Jaya, Letkol Czi Arief Hidayat, dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (10/6/2020).

Diungkapkan Dandim, upaya ini dilakukan salah seorang Babinsa jajarannya berawal dari rasa keprihatinan terhadap serangan hama tikus yang kerap merusak tanaman padi milik petani di  Desa Lhok Geulumpang Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya yang merupakan desa binaannya.

“Tidak jarang para petani banyak yang rugi bahkan mengalami gagal panen jika hama tikus tidak dapat dikendalikan,” ujarnya.

Dengan memanfaatkan layanan jaringan internet jelas Dandim, Sertu Parwoto menemukan salah satu cara membasmi hama tikus  yang masih belum pernah dilakukan petani di desa tersebut yaitu memanfaatkan buah mengkudu.

“Setelah mempelajari cara memanfaatkan buah mengkudu, kemudian Parwoto menyosialisasikannya kepada petani bahkan dirinya turun  mencari buah mengkudu  dan  membagikannya,” urai Arief Hidayat.

Di tempat terpisah, Sertu Parwoto menyampaikan bahwa hal ini berawal dari kesulitan petani binaannya yang mendorong dirinya berselancar di dunia maya guna mencari cara alami namun efektif dalam mengatasi persoalan tersebut. Solusi jitu pun lahir yakni dengan memanfaatkan aroma menyengat buah mengkudu yang dibenci hama tikus, sehingga ‘musuh’ bebuyutan kucing ini minggat dari areal persawahan.

“Setelah mencoba sendiri dan ternyata efektif, saya pun memperkenalkan kepada petani tentang buah mengkudu yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir hama tikus itu,” urainya.

Mujarab, Mengkudu Babinsa Sertu Parwoto Bantu Petani Aceh Usir Tikus

“Hama tikus itu selama ini selalu menjadi tantangan bagi petani setiap musim. Saya bertekad ingin membantu membasminya. Salah satu caranya dengan memanfaatkan buah mengkudu,” kata Parwoto Selasa (9/6/2020).

Parwoto juga menjelaskan, cara memanfaatkan buah mengkudu ini sangat mudah yaitu dengan cara memotong atau mengirisnya kemudian menaburkannya di  tengah sawah.

” Sangat mudah, buah yang sudah matang di potong – potong atau diiris kemudian ditaburkan ke tengah sawah,” jelas Parowoto.

Menurut Parwoto aroma dari buah mengkudu yang menyengat  membuat hama tikus tidak betah.

“Aroma mengkudu yang menyengat membuat tikus tidak tahan,” tuturnya.

Parwoto juga mengakui sudah beberapa kali mencoba pemanfaatan buah mengkudu ternyata sangat efektif mengusir  hama tikus sehingga dirinya ingin para petani mencobanya.

“Sudah kita coba dan berhasil. Ke depan kita akan terus menyosialisasikannya kepada petani, cara seperti ini juga ramah lingkungan tanpa bahan kimia. Semoga dengan cara ini para petani tidak terganggu lagi tanamannya, dan panen pun menjadi melimpah,” tutupnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel