Kodam IV/Diponegoro

Panen Udang Galah Dilahan Ugadi Candibinangun Pakem

Dibaca: 52 Oleh 14 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Komandan Kodim 0732/Slm menghadiri  panen Ugadi yg dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Ibu Titiek Hediati Suharto,Dirjen Perikanan dan Kelautan DIY, Kalitbang Kementrian Perikanan dan Kelautan RI,  Pj Bupati Sleman Bpk Ir. Gatot Saptadi, Kadispertan Sleman,Staf Ahli Kementrian Perikanan dan Kelautan,Camat Pakem, Babinsa dan Kepala desa,serta Pokdakan Mina Muda Samberembe, Candibinangun,Pakem. Sabtu (12/9).

Sistem pertanian  tersebut mendapat pengawasan Badan Penelitian dan Pengembangan yang bekerjasama dengan,Kodim 0732/Slm serta kelompok Pembudaya ikan  Mina Muda Samberembe di Dusun Samberembe. “Panen ini sekaligus membuktikan pada masyarakat dan para petani lainnya bahwa sistem ini sukses bisa menjadi motivasi bagi daerah lain di Indonesia,” unkap Kepala Balitbang KKP Ahcmad Poernomo yg didampingi Dandim 0732/Slm Letkol Inf Bambang Yudi, S.sos.

Dandim 0732/Slm juga menilai sistem pertanian Ugadi juga tidak merusak tanaman padi yang ada satu kawasan dengan pertanian udang galah. “Pertanian padi juga bisa maksimal dan tak terganggu dengan adanya udang di sekitarnya,” ungkap Letkol Inf Bambang Yudi,S.sos.

Sementara itu produktivitas para petani pun mengalami kenaikan yang cukup signifikan dengan adanya sistem tersebut.
Terbukti dengan hasil demlot yg dipanen :
-Udang : Dengan jumlah    tebaran 10.000 tokolan diperoleh hasil paling tinggi 173 kg dan paling rendah 153 kg.
-Padi : Hasil ubinan padi paling tinggi 12 ton/Ha GKP dan paling rendah 8,8 ton/Ha GKP, rata-rata 10 ton GKP.

Hasil kaji lapangan produktivitas padi lebih tinggi dengan pola tanam Jajar Legowo MINAPADI dibanding dengan pola tanam jajar biasa tanpa MINAPADI. (Dim 0732/Slm)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel