Kodam Jaya

Pangdam Jaya Serahkan Filter Air Bersih Siap Minum Kepada Warga Bidara Cina

Dibaca: 49 Oleh 14 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodam Jaya tidak main main dalam menormalisasi ciliwung. Kegiatan demi kegiatan terus bergulir dalam setiap aspek yang semata untuk kepentingan masyarakat.

Kali ini masih dalam serbuan teritorial serta bakti TNI, Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo, S.E., selaku inspirator Ciliwung bersih menyerahkan Bantuan Alat Filter Air Bersih Siap Minum bagi warga Jalan Inspeksi Kali Ciliwung Kelurahan Bidara Cina. Senin (14/09).

Adapun mekanisme dari pengolahan air sungai ciliwung dengan sistem Ultra filtrasi dan Reverse Osmosis. Proses pengolahan/penyaringan air ciliwung ini melalui beberapa tahapan Sistem Ultra filtrasi + Reverse Osmosis yang diawali dengan tahapan air dari ciliwung masuk ke penampungan (reaktor tank) kemudian dialirkan ke manganese filter (menyaring mangab) dengan karbon aktif (menyaring karbon) setelah melalui tahap penyaringan, air masuk kedalam penampungan (break tank), setelah itu masuk proses UF (ultra filtrasi) dan RO (reverse osmosis), air hasil dari proses UF dan RO ini kembali di tampung di penampungan yang telah disiapkan.

Setelah proses semua selesai maka air dapat di distribusikan dan bisa langsung di konsumsi oleh warga setempat. Mesin yang diserahkan Kodam Jaya ini berkapasitas menampung air 8000 liter/hari, Untuk kapasitas UF menampung air 48 Kubik air/hari.

Lebih lanjut Pangdam Jaya menyampaikan “Ini adalah bukti nyata kepedulian Kodam Jaya yang juga mendapat dukungan dari Pemerintah, maka tidaklah mustahil Sungai yang dahulunya menjadi Ikon kota Jakarta nantinya akan Kembali dapat dinikmati menjadi tempat tempat yang dapat dimanfaatkan baik untuk ekosistem sungai, Transportasi maupun tempat rekreasi Pariwisata Nasional nantinya, bahkan untuk airnya sekarang dapat diminum”.

Disamping itu juga Pangdam Jaya juga membangkitkan kesadaran para penghuni di sekitar bantaran ciliwung bidara cina ini agar selalu bersama menjaga ciliwung, kita bisa kalau kita bersama dan memiliki kesadaran untuk menjadikan ciliwung lebih baik. Saat ini Ciliwung sudah tampak terlihat semakin elok, bersih dan enak untuk dipandang mata.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel