Berita Satuan

Pangdam Minum Air Kali Ciliwung

Dibaca: 20 Oleh 15 Sep 2015September 16th, 2015Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodam Jaya memberikan bantuan kepada warga RW 02 Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, berupa alat filter air, Senin,  tangggal 14 September 2015.  Langkah itu merupakan salah satu bagian dari Program Ciliwung Bersih, Hijau, dan Sehat yang selama ini dikerjakan Kodam Jaya. Dengan fasilitas itu, memungkinkan warga untuk meminum langsung air hasil pengolahan alat tersebut seperti air mineral biasa.

Bahkan, pada kesempatan itu Panglima Kodam Jaya, Letjen Agus Sutomo, meminum langsung air tersebut bersama puluhan siswa SDN 02 Bidaracina. Airnya bisa langsung diminum.  Air ini juga gratis dan warga juga tidak perlu membayar jika ingin mengonsumsi yang penting alat ini dirawat jangan sampai rusak, ungkap Agus.

Agus yang juga menjabat Komandan Kodiklat TNI AD,  itu menambahkan,  filter air ini dilakukan untuk mengubah pemikiran warga Jakarta yang merasa jijik dengan air Kali Ciliwung yang dianggap kotor dan bau. Jadi,  setelah melalui proses adanya dua sistem filter, air tersebut dijamin aman dan telah memenuhi standar kesehatan, kata Agus.

Sementara, Ketua RW 02  Bidaracina, Rendra, berharap fasilitas tersebut bisa bermanfaat bagi warga sekitar. Terlebih, sekarang ini warga mengalami kesulitan ketersediaan bersih akibat musim kemarau yang cukup panjang. Ke depannya kami akan rapat dengan RW 03 untuk berkoordinasi terkait operasional dan perawatan agar alat bisa berfungsi maksimal. Apalagi alat filter ini mencapai delapan kubik per hari, ungkap Rendra. Warga lainnya,  Sodik (48), mengaku senang atas batuan yang diberikan Kodam Jaya. Semoga saja ini bisa memudahkan warga mendapatkan air bersih yang siap diminum, jelas Sodik.

Proses Filter Air

  • Air dari Kali Ciliwung diambil dan ditampung di tempat penampungan
  • Selanjutnya air itu akan mengalir menuju sistemfiltrasi yang kembali ditampung untuk masuk ke sistem ultrafiltrasi
  • Kemudian air tersebut masuk ke dalam mesin reverse osmosis hingga akhirnya air yang keluar bisa langsung diminum.  (Sumber: HU Warta Kota)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel