60" TNI AD

Pengambilan Sampel Darah Penyintas Covid-19 di Mabesad

Dibaca: 16 Oleh 12 Feb 2021Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pelaksanaan pengambilan sampel darah bagi penyintas Covid-19 yang merupakan prajurit TNI Angkatan Darat diadakan di Markas Besar Angkatan Darat. Ini merupakan tahapan awal yang harus dilakukan oleh calon pendonor plasma konvalesen.

Dr. Purwo selaku Direktur Umum Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) menjelaskan bahwa 78 Prajurit TNI AD terpilih sedang diambil sampel darah sebanyak 10 CC kemudian akan dikirimkan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto untuk memasuki tahap seleksi lanjutan.

“Tahapan selanjutnya yaitu melihat jumlah antibodi dalam darah dan mendeteksi ada atau tidaknya infeksi penyakit menular seperti HIV dan Hepatitis,” ungkap dr. Purwo.

Untuk calon pendonor adalah pasien dinas baik prajurit TNI AD ataupun PNS, kemudian diperuntukan kepada laki-laki karena jika perempuan apalagi yang sudah pernah hamil itu memiliki zat penolak yang tidak bisa untuk memberikan plasma. Antibodi akan hilang dalam waktu 3 bulan jika berada didalam tubuh manusia namun akan bertahan 1 tahun jika sudah didonorkan dan berbentuk plasma darah.

“Ini merupakan suatu tindakan bagus, terima kasih kepada bapak Kasad telah memberikan kesempatan untuk menjadi calon pendonor karena ini merupakan bantuan yang berarti untuk pihak – pihak yang membutuhkan,” ujar Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah.

#TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel