Kodam IV/Diponegoro

Pengubinan di Ngablak

Dibaca: 12 Oleh 15 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Magelang – Anggota Koramil 07/Ngablak Kodim 0705/Magelang dan PPL melaksanakan pengubinan dan panen perdana di lahan demplot milik Amir, Dusun Sijaran Desa Pagergunung Kecamatan Ngablak, Selasa (13/01).

“Hasil kali ini sangat memuaskan dan mengalami peningngkatan yang signifikan dibanding tahun lalu” ujar Amir dengan mimik muka berseri-seri. Dari hasil tahun lalu dengan pola tanam tradisional di lokasi yang sama hanya menghasilkan 3-4 ton/ ha, seangkan dengan pola jajar legowo, kini dapat menghasilkan 5,6 ton/ha, dengan jenis padi ir 64.

Bukan tanpa alasan memilih jenis padi ir 64,disamping terkenal tahan hama juga masa panen yg lebih cepat di banding jenis padi lainnya. “Ini sangat menggembirakan dan semoga dengan keberhasilan ini warga lain yang mempunyai lahan basah lebih semangat dan termotifasi untuk menanam padi “ lanjut Amir.

Dengan sistem tanam “jarwo”, pemilihan bibit unggul yang tepat dan pemberian pupuk yang seimbang serta pembersihan lahan dari organik pengganggu tanaman (OPT) yang di lakukan secara berkala terbukti dapat meningkatkan hasil padi yang maksimal. Hal ini tentunya tidak lepas dari upaya pendampingan dan sinergitas dengan semua pihak yang terkait baik kelompok tani, gapoktan, PPL dan Babinsa di wilayah.

“Kerja keras kita selama ini berbuah manis, terbukti hasil padi di lahan demplot Dusun Sijaran Desa Pagergunung yang letaknya dilereng gunungpun bisa mendapatkan hasil yang maksimal” ujar Babinsa Pagergunung Koptu Anfro Mustofa dengan senyum puas.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel