Berita Satuan

Pererat Silaturahmi, Satgas Yonif 756 Bersama Warga Gelar Bakar Batu

Dibaca: 13 Oleh 08 Mar 2021Tidak ada komentar
Pererat Silaturahmi, Satgas Yonif 756 Bersama Warga Gelar Bakar Batu
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Pererat silahturahmi dan ungkapan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa, personel Pos Banti Satgas Yonif 756/WMS bersama warga menggelar acara tradisi adat bakar batu di lapangan Kampung Kimbeli Banti 2 Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea, dalam rilis tertulisnya di Mimika, Papua, Minggu (07/03/2021).

Dikatakan Dansatgas, bakar batu merupakan salah satu bentuk kearifan lokal budaya dan tradisi di masyarakat Papua yang dilakukan dengan cara memasak dan makan bersama masyarakat satu kampung dengan tujuan untuk bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

“Hari ini kita mengucap syukur atas berkat Tuhan Yang Maha Esa, dengan kembalinya saudara-saudara kita warga Kampung Kimbeli Banti 2 pasca mengungsi ke Timika akibat aksi teror KKSB (kelompok kriminal separatis bersenjata),” katanya.

Lebih lanjut ditambahkannya, bahwa kegiatan acara bakar batu juga merupakan suatu media yang sering digunakan oleh masyarakat Papua untuk bersilaturahmi, dengan mengedepankan sikap gotong royong dan rasa toleransi yang tinggi.

“Selain diminta untuk pengamanan, kita juga ikut bersama warga menyiapkan acara tradisi tersebut mulai dari awal sampai dengan selesainya acara,” ujarnya.

Dansatgas juga berharap dan mengimbau kepada warga untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga tercipta kondisi kondusif di mana warga dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan damai.

“Mari bersama kita menjaga kondisi kondusif ini, untuk kebaikan kita bersama. Kita juga mengharapkan agar masyarakat dapat memberikan informasi kepada aparat keamanan terdekat terkait adanya kegiatan yang akan mengakibatkan gangguan keamanan,” ucapnya.

Sementara itu, Pendeta Hengky Magal salah satu tokoh agama setempat yang juga mengikuti acara tersebut, mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada pihak TNI yang kehadirannya selama ini telah memberikan kepedulian dalam melayani masyarakat baik itu dari aspek keamanan maupun aspek kehidupan yang lainnya.

Pererat Silaturahmi, Satgas Yonif 756 Bersama Warga Gelar Bakar Batu

“Puji Tuhan, terima kasih atas berkat kehadiran bapak-bapak TNI (Pos Banti Satgas Yonif 756/WMS, yang berperan aktif baik siang dan malam menjaga warga dan desa kami. Semoga rasa aman dan damai tetap selalu terjaga, sehingga kita warga dapat beraktivitas dengan baik,” kata Hengky Magal.

Acara yang digelar dengan penuh kebersamaan dan kekeluargaan itu, selain diikuti oleh 200 orang warga, juga dihadiri oleh Para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan Kampung Kimbeli Banti 2. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel