Kostrad

Peringatan Hari Pahlawan ke-70 Di Markas Kostrad

Dibaca: 116 Oleh 10 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pada hari Selasa tanggal 10 Nopember 2015 pukul 08.00 Wib s.d selesai bertempat di lapangan Upacara Markas Kostrad telah dilaksanakan Upacara Peringatan hari Pahlawan ke-70 tahun 2015 dengan Irup Irkostrad Kolonel Inf Besar Harto Karyawan.

Peringatan hari pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, juga sebagai momentum dalam rangka menumbuh kembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.

“Untuk itu, penyelenggaraan peringatan hari pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara,”  Hal tersebut disampaikan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa dalam amanatnya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Ir Kostrad Kolonel Inf Besar Harto Karyawan pada upacara memperingati hari Pahlawan ke-70 tahun 2015 di Lapangan Apel Markas Kostrad,Gambir, Jakarta Pusat.Selasa (10/11).

Lebih lanjut disampaikan bahwa peringatan hari Pahlawan ke- 70 Tahun 2015 ini mengambil tema “Semangat kepahlawanan adalah jiwa ragaku” tema ini dimaksudkan untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Ia menegaskan, bahwa nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan jaman.

Peringatan hari pahlawan juga membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang. Marilah momentum ini kita jadikan satu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat.

Mensos dalam sambutannya pun mengajajak untuk merenungkan sekali lagi langkah besar bapak bangsa serta semangat kepahlawanan para pendiri bangsa yang perlu diseminasikan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memberikan penguatan semangat dalam menghadapi setiap tantangan dan ujian yang dihadapi negeri ini.

Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2015 dihadiri oleh seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Markas Kostrad.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel