60" TNI AD

Persit KCK Mengadakan Seminar Menjaga Kesehatan Payudara

Dibaca: 7 Oleh 01 Jul 2020Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ibu Hetty Andika perkasa menggelar seminar Menjaga Kesehatan Payudara secara virtual bersama seluruh anggotanya se- Indonesia, acara ini bertempat di gedung Pusat Komando dan Pengendalian Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Rabu (26/06/2020/).

Dalam seminar ini membahas tentang pentingnya mendeteksi diri sendiri sejak dini tentang kanker payudara, dengan pembicara Kolonel Ckm dr. Agoes Sutarman, Sp.B (K) Onk.

Kolonel Ckm dr. Agoes Sutarman, Sp.B (K) Onk, mengatakan menjaga kebersihan juga merupakan salah satu cara, ada juga tidak kalah pentingnya bagaimana untuk melihat ada kelainan atau ada yang menyumbat payudara, kita bisa melihat dengan sadari. Sadari adalah  pemeriksaan payudara sendiri, kapan dilakukan pemeriksaan sadari itu minimal 1 bulan sekali, bisa tiap minggu bisa juga seminggu dua kali itu minimal 1 bulan sekali, kapanwaktu yang tepat seminggu atau 10 hari setelah haid terakhir, dihaid terakhir 10 hari berikutnya baru kita periksa sadar diri, kenapa demikian, karena 10 hari setelah haid terakhir kelanjar payudara sudah kembali normal, sudah tidak dipengaruhi oleh hormon sehingga ketika menemukan sesuatu lebih mudah.

Baca juga:  Tim ORAST Unamid Gelar Inspeksi Sarana dan Prasarana Satgas Indobatt-03

Beliau juga menambahkan bahwa kanker payudara bisa disembuhkan jika sudah terdeteksi sejak dini.

“Cara menyembuhkannya pada intinya kanker payudara itu bisa disembuhkan, bila ditemukan sejak dini, cara menyembuhkan sejak dini dengan tadi, sadar diri kemudian pemeriksaan yang rutin, stadium nol, 1, 2, 3 , dan stadium 4, kalau stadium nol dan stadium 1 biasanya itu tidak ada keluhan, tidak ada gejala, dan bisa diketahui dengan cara sadari dan penunjang pemeriksaan tadi jadi walaupun merasa tidak ada apa-apa tidak ada salahnya melakukan sadari atau pemeriksaan melalui USG, kenapa karena kalau tumor itu ditemukan stadium nol atau 1 angka kesembuhan nya diatas 90% bahkan kalau nol itu 100% jadi pentingnya melakukan pemeriksaan sejak dini,” ujarnya.

Ibu Hetty Andika Perkasa juga mengingatkan kepada seluruh anggotanya bahwa pentingnya pola hidup sehat agar menjaga diri sendiri dan orang yang ada di sekeliling kita.

“Saya tidak bosan-bosannya mengajak semua anggota Persit semua dan kaum wanita di sekitar kita agar membiasakan diri pola hidup bersih dan sehat dengan konsumsi makanan sehat, dan menyempatkan waktu untuk berolahraga setiap harinya dan membiasakan berfikir positive untuk mewujudkan TNI Angkatan Darat yang sehat dan sejahtera,” ujar Ibu Hetty.

Baca juga:  Donor Darah, Wujud Kepedulian Kostrad Kepada Masyarakat Malang

#TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel