Satgas Pamtas

Sambut Ramadhan, Masjid di Distrik Obaa Direnovasi Satgas Yonif 756 dan Warga

Dibaca: 5 Oleh 12 Apr 2021Tidak ada komentar
Sambut Ramadhan, Masjid di Distrik Obaa Direnovasi Satgas Yonif 756 dan Warga
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H, Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS SSK lll Pos Kotis Keppi bersama warga merenovasi sejumlah fasilitas Masjid Nahdalatul Ulama yang berlokasi di Distrik Obaa Kabupaten Mappi, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Letkol Inf Marolop Edison Bala Hutapea, M.Han., dalam keterangan tertulisnya di Timika Papua, Minggu (11/4/2021).

Diungkapkan Dansatgas tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan keamanan, kenyamanan dan kebersihan bagi para jemaah dalam melaksanakan kegiatan agama, khususnya saat shalat berjamaah dan shalat Tarawih di bulan ramadhan tahun ini.

“Dengan Fasilitas rumah ibadah yang bersih, nyaman dan asri tentunya akan membawa suasana yang lebih khusyuk dalam beribadah,” ujarnya.

Kegiatan seperti ini, lanjut Dansatgas, merupakan kegiatan lanjutan yang dilakukan oleh Satgas Yonif 756/WMS selama bertugas sebagai komitmen dan wujud toleransi Satgas dalam menciptakan kerukunan hidup antar umat beragama di tanah Papua.

Sambut Ramadhan, Masjid di Distrik Obaa Direnovasi Satgas Yonif 756 dan Warga

“Kegiatan Bakti Sosial renovasi Masjid yang kami lakukan di Mappi merupakan kegiatan berkelanjutan dari Satgas Yonif 756/WMS. Sebelumnya pada bulan Desember Tahun 2020 kami merenovasi beberapa Gereja dalam menyambut hari Natal. Maka saat ini untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri , Program Baksos kami arahkan untuk merenovasi masjid sebagai komitmen dan wujud toleransi kami dalam kerukunan hidup antar umat beragama, ” kata Dansatgas.

Lebih lanjut dipaparkan Dansatgas bahwa tujuan puasa Ramadhan adalah untuk meningkatkan derajat ketakwaan kepada Allah SWT, sehingga perlu didukung oleh sejumlah fasilitas yang memadai untuk memberikan rasa nyaman saat beribadah.

“Penyediaan fasilitas yang baik akan menjadi salah satu solusi bagi warga (umat Islam) agar pelaksanaan ibadahnya lebih khusyuk. Karena ibadah puasa ini jangan hanya dijadikan sebagai suatu kegiatan ritual biasa atau rutinitas tahunan, namun harus dijadikan ladang mendapatkan pahala dan ampunan dosa dari Tuhan. Termasuk harus juga dijadikan suatu momentum untuk perbaikan mental spiritual moral dan perilaku sosial dalam kehidupan,” tuturnya.

Selain melakukan kegiatan renovasi masjid, tambah Dansatgas, anggotanya juga membagikan sejumlah masker kepada para santri di pesantren Nahdatul Ulama. Harapannya untuk melaksanakan protokol kesehatan serta untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Sementara itu, Danki SSK lll Lettu Inf Adriyan yang memimpin kegiatan renovasi tersebut mengatakan mengatakan bahwa pelaksanaan renovasi masjid tersebut berlangsung selama 4 hari serta berjalan dengan lancar dan aman.

“Perbaikan Masjid Nahdatul Ulama berlangsung selama empat hari (7 s.d. 11 April 2021). Personel yang terlibat renovasi tiap harinya berjumlah 8 (Delapan) orang dibantu anak-anak Pesantren Nahdatul Ulama dan masyarakat sekitar,” ungkap Adriyan.

Adapun perbaikan masjid tersebut, tutur Adriyan yaitu pengecatan, pembuatan pagar dan pembenahan pada beberapa fasilitas masjid yang rusak.

Salah seorang pengurus Masjid Nahdatul Ulama bernama Qohar, mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Pos Keppi yang telah membantu renovasi Masjid mereka.

” Terima kasih, bapak-bapak TNI dari Yonif 756/WMS atas bantuannya perbaiki Masjid Nahdatul Ulama dan membagikan masker pada anak-anak pesantren. Semoga ketulusan dan keikhlasan ini, mendapat balasan berupa rezeki yang melimpah serta kesehatan terutama dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan, ” ucapnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel