Kodam II/Sriwijaya

TNI Bersikap Netral

Dibaca: 1282 Oleh 13 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Menghadapi Pilpres 9 Juli 2014 mendatang diperlukan berbagai persiapan yang matang, terutama persiapan dalam pengamanan pemilu Presiden yang notabene sangat rentan dengan berbagai tindakan anarkis. Salah satu usaha mengantisipasi hal itu, yaitu dengan mengadakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk pihak keamanan  diantaranya pihak Polri dan TNI.

Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel yang dipimpin oleh Andika Pranata Jaya S.Sos ( Ketua) didampingi Kurniawan, S.Pd, Zulfikar, Ir. H. Iriadi MS, Bayumi S.Pdi, Kodri Usman Siregar, SP dan Purnomo Satrio Pringo Digdo, SH., MH mengadakan audiensi dengan pihak Kodam II/Swj yang diterima oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo,Kamis 12/06/2014 di Ruang Tamu Pangdam II/Swj.

Ketua Bawaslu Andika Pranata Jaya S.Sos dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa tujuan audiensi selain bersilaturahmi dengan pihak Kodam II/Swj, juga menegaskan tugas Bawaslu sebagai pengawas Pilpres sesuai tahapan, dimana sekarang sudah memasuki tahapan kampanye dan menyusun DPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perubahan).

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo yang didampingi Asintel Kasdam II/Swj Kolonel Inf Indra Maulana Harahap, Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Syaiful Anwar, S.E., dan Kapendam II/Swj Kolonel Inf Afianto menyambut baik kunjungan tersebut dan menyampaikan bahwa TNI bersikap netral dan TNI akan membantu pihak Polri dalam pengamanan Pilpres 9 Juli 2014. Selain itu juga ditegaskan bahwa TNI tidak boleh menjadi anggota Partai Politik dan tidak terlibat dalam politik praktis. Kemudian TNI juga tidak boleh mempengaruhi anak dan istri untuk berpihak kepada salah satu Capres/ Cawapres tertentu.

Pangdam juga berharap agar pelaksanaan Pilpres 2014 di wilayah Sumatera Selatan tidak terjadi apa-apa dan jika ada prajurit yang melakukan pelanggaran akan ditindak tegas.Ditegaskan oleh Pangdam bahwa Kodam II/Swj akan membantu pihak Bawaslu demi kelancaran pilpres nantinya. “Proses demokrasi ini semakin lama semakin maju tetapi jangan sampai kebablasan. Semoga pelaksanaan Pilpres 9 Juli 2014 akan berjalan aman dan lancar khususnya diwilayah Sumatera Selatan”, tuturnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel