Satgas Pamtas

Wujudkan Kebersihan Lingkungan, Satgas Yonif 125 Bersihkan Pekarangan Rumah Budaya Rawa Biru

Dibaca: 23 Oleh 07 Des 2020Tidak ada komentar
Wujudkan Kebersihan Lingkungan, Satgas Yonif 125 Bersihkan Pekarangan Rumah Budaya Rawa Biru
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Wujudkan kebersihan lingkungan serta mempererat kebersamaan dengan warga di wilayah perbatasan, Satgas Yonif 125/Si’mbisa di bawah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW bergotong-royong membersihkan pekarangan Rumah Budaya Kampung Rawa Biru, Distrik Sota.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Senin (7/12/2020).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan gotong-royong pembersihan rumah budaya tersebut dilaksanakan enam orang anggota Satgas dari Pos Pos Rawa Biru dipimpin Sertu Leo Marbun bersama-sama dengan warga pada Sabtu (5/12/2020).

“Dengan adanya pembersihan ini, Rumah Budaya Rawa Biru menjadi lebih indah dan rapih serta enak dipandang mata, apalagi letaknya berada di tengah-tengah pemukiman warga,” ujarnya.

“Gotong-royong bersama warga perbatasan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kebersamaan antara Satgas dengan warga, yang selama ini telah berjalan dengan baik di Kampung Rawa Biru,” sambung Anjunada.

Wujudkan Kebersihan Lingkungan, Satgas Yonif 125 Bersihkan Pekarangan Rumah Budaya Rawa Biru

Lebih lanjut dikatakan, rumah budaya ini biasanya digunakan pada pada waktu-waktu tertentu saja, yakni untuk acara tradisi adat-istiadat masyarakat setempat.

“Selain sebagai tempat pelaksanaan ritual adat-istiadat, rumah budaya ini juga dijadikan sebagai tempat penyimpanan alat-alat maupun pakaian adat tradisional Kampung Rawa Biru,” jelasnya.

“Jadi, tempat ini memang penting untuk dirawat, karena secara tidak langsung akan berdampak pada kelestarian budaya masyarakat setempat,” tandas Anjuanda.

Di tempat terpisah, Kepala Kampung Rawa Biru, Thomas Sanggra (52) mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan partisipasi Satgas Yonif 125/Si’mbisa yang telah membantu pelaksanaan gotong-royong membersihkan rumah budaya di kampungnya.

“Rumah budaya ini sekarang terlihat lebih bersih dan rapi. Semoga kegiatan bersama warga seperti ini tetap berlanjut dan ditingkatkan di kemudian hari,” tuturnya.

“Semoga keakraban dan kebersamaan seperti ini selalu ada di kampung ini, terima kasih Pak TNI atas kepeduliannya,” pungkas Thomas senang. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel