Skip to main content
Berita Satuan

Semangat Belajar Siswa di Sentani Dalam Keterbatasan

Dibaca: 24 Oleh 13 Okt 2016Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Salah faktor penyebab sulitnya mendapatkan pendidikan yang layak bagi sebagian besar masyarakat Papua di wilayah pedalaman adalah kurangnya sarana dan prasarana pendidikan serta minimnya tenaga pengajar.

Banyak sekolah-sekolah yang belum layak serta sarana dan prasarananya belum memadai sebagai tempat  proses belajar mengajar.

Seperti yang nampak di Sekolah Dasar YPPGI Sentani, Jln. Yahim, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Selasa, 11 Oktober 2016, Peltu Samudi, Batuud Koramil 1701-01/Sentani  melihat langsung ke sekolah tersebut menyampaikan dan  bagaimana kondisi SD YPPGI mulai dari bangunan sampai  kendala yang dihadapi siswa-siswi dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Menurut Peltu Samudi, SD YPPGI Sentani hanya memiliki 4 ruang kelas, sehingga untuk siswa-siswi kelas 1 dan 2 terpaksa harus menempati bangunan SLB yang sudah tidak terpakai dan berada tepat disamping SD YPPGI. Yang lebih memprihatinkan, siswa-siswi kelas 1 menempati ruangan yang hanya memiliki meja belajar tanpa tempat duduk, sedangkan siswa-siswi kelas 2 sama sekali tidak ada tempat duduk maupun meja belajar. “Yang sangat mengesankan dengan kondisi ini,  meskipun tanpa tempat duduk dan meja belajar, para siswa-siswi tetap terlihat ceria dan antusias, Ini menunjukan mereka mempunyai semangat belajar yang tinggi untuk dapat meraih apa yang mereka cita-citakan”. Ujar Peltu Samudi.

Baca juga:  Kodim 0801/Pacitan, Sentuh 502 Rumah Warga Agar Layak Huni

Menyikapi kondisi yang ada di SD YPPGI tersebut, Peltu Samudi menyampaikan kepada Kepala Sekolah  Olin Nawipa,  bahwa pihaknya akan membantu melaksanakan koordinasi dengan  instansi terkait agar dapat memberikan perhatian lebih di bidang pendidikan untuk wilayah pedalaman Papua.   Diharapkan  generasi penerus bangsa ini dapat merasakan kemerdekaan dalam menuntut ilmu dan menggapai masa depan mereka.

“Selaku Kepal Sekolah, saya mengucapkan terima kasih khususnya kepada Peltu Samudi yang telah menyambangi sekolah kami untuk melihat kondisi nyata saat murid-murid kami melaksanakan proses belajar,” ungkap Kepala Sekolah. Dikatakanya,  sekolah ini masih sangat membutuhkan uluran tangan semua kalangan yang terketuk hatinya untuk membantu. Untuk itu, dirinya mewakili seluruh guru dan siswa-siswi SD YPPGI Sentani sangat berharap terhadap pemerintah setempat dan semua kalangan untuk mau melihat dan membantu sekolah kami demi menciptakan generasi muda penerus bangsa yang berkwalitas di masa yang akan datang .

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel