TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Waktu Luang, Satgas TMMD Bantu Anak Belajar

5a__3_

JAKARTA, tniad.mil.id – Kodim 0912 Kutai Barat memanfaatkan waktu TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-104 TA 2019 yang tinggal menyisakan waktu dua minggu ke depan dengan mengajarkan pelajaran sekolah kepada anak-anak di desa binaannya. Hal tersebut disampaikan Dandim 0912 Kutai Barat, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi di Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Minggu (17/3/2019).

Menurut Dandim, sejumlah kegiatan fisik dan non fisik saat ini terus dikebut oleh prajurit TNI Satgas TMMD dari Kodim 0912. Mulai dari bergotong-royong membangun fasilitas bersama masyarakat, hingga memberikan pelayanan yang menyasar langsung pada kebutuhan masyarakat. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Letnan Dua Arm Hafizh Almaliki dari Batalyon Armed 18/Komposit. Hafidz Maliki mengajari anak salah satu warga (Hasan) di rumahnya.

“Satgas TMMD tidak hanya dituntut profesionalisme sebagai TNI, tetapi juga kemampuannya yang serba bisa. Prajurit harus peka dan empati terhadap kondisi yang dirasakan masyarakat sekitarnya. Bahkan untuk urusan kecil seperti membantu anak-anak yang kesulitan menangkap pelajaran di sekolahnya,” ungkap Dandim.

Kegiatan mengajar ini diawali dari keseharian sejumlah anggota Satgas yang menginap rumah-rumah warga saat bertugas di Kampung Ujoh Bilang. Salah satunya di rumah Hasan. Saat malam hari, Letda Hafidz memperhatikan anak dari tuan rumah yang sering kesulitan mengerjakan PR atau mengulang pelajaran. Tanpa pikir panjang, Hafidz pun berinisiatif untuk membantunya belajar.

“Kegiatan seperti inilah yang memupuk kedekatan prajurit dengan masyarakat yang pada akhirnya menguatkan kemanunggalan TNI bersama rakyat. Sebab TNI lahir dari rakyat dan kehadiran TNI harus dirasakan manfaatnya oleh rakyat,” tegas Dandim.

Menurut Hafidz Maliki sendiri, apa yang dilakukannya tidak lain merupakan wujud bakti sebagai TNI kepada rakyat.

“Anak-anak adalah generasi penerus TNI yang akan menjaga Negara ke depannya. karena itu, menumbuhkan cinta dan respek kepada TNI harus dimulai sejak dini. Ini adalah salah satu cara kami mendekatkan anak-anak dengan TNI,” jelas Hafidz.

Sementara itu, Hasan, warga yang dibantu anaknya, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari anggota Satgas.

“Para anggota Satgas sangat perhatian kepada kami. Kami mengucapkan terima kasih dan berharap bapak-bapak prajurit selalu sukses dalam setiap tugasnya,” ungkap Hasan. (Dispenad/06/MO)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura Kodam Jaya Kodam IX/Udayana Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Waktu Luang, Satgas TMMD Bantu Anak Belajar