Artikel

Baterai Smartphone Cepat Isi dan Awet,  Ini Tipsnya

Dibaca: 83 By 12 Apr 2020Tidak ada komentar
Baterai Smartphone Cepat Isi dan Awet,  Ini Tipsnya
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id, – Ibarat manusia, baterai merupakan jantung dari yang harus selalu memiliki energi untuk melecut aliran listrik ke seluruh simpul-simpul sistem, sehingga smartphone dapat berfungsi.

Sebaliknya, jika energi dalam baterai habis atau bermasalah, maka dampaknya bukan saja terhadap fungsi sistem smartphone, tapi juga berbagai kepentingan pemiliknya yang mungkin sangat darurat.

Jenis Baterai Handphone dan Smartphone

Berdasarkan tipenya, saat ini baterai Smartphone terbagi menjadi 2, yaitu  Removable dan Non-removable. Sedangkan berdasar komponen pembentuknya, terbagi jadi  4 macam yaitu NiCd, NiMH, Li-Ion, dan Li-Po.

Baterai Smartphone Cepat Isi dan Awet,  Ini Tipsnya

Karena telah sekian lama menggunakan handphone (hp) dengan jenis baterai removable, maka muncul pranggapan bahwa hp atau smartphone yang saat ini menggunakan jenis non removable tidak bisa digunakan pjika baterainya rusak.

Kini, peranggapan itu salah, karena baterai Smartphone Non removable, mayoritas jenis Li-Ion dapat digantikan dengan yang baru. Demikian juga, meski baterai removable tidak semuanya menggunakan jenis Li-Ion tapi juga Li-PO.

Lalu, bagaimana dengan bateai NiCd dan NiMH?

Nikel-kadmium ( NiCd atau NiCad), adalah jenis baterai hp jenis lawas (tidak ada lagi),  yang dapat diisi ulang menggunakan nikel oksida hidroksida dan kadmium logam sebagai elektroda.

Pun dengan Nickel Metal Hydride (NiMH), versi upgrade dari NiCd ini, meski bahannya sudah tidak beracun dibanding NiCd dan kapasitasnya mendekati Li-Ion, kini NiMH sudah jarang di gunakan. Terlebih karena akibat beberapa kali dicharge maka terjadi penurunan tegangan dan mudah meledak.

Lithium-Ion, jenis baterai yang memiliki kapasitas besar dibalik dimensinya yang ramping dan padat energi itu pun ternyata menyimpan masalah, yaitu mudah meledak.

Sedangkan baterai Lithium Polymer, yang saat ini banyak digunakan  di dalam hp yang kecil itu pun masih meninggalkan PR yang sama, yaitu selain harganya lumayan mahal juga mudah terbakar.

Dari hal tadi, maka akibat  penggunaannya yang tidak tepat, pada dasarnya baterai tercanggih seperti Li-Po pun beresiko mudah terbakar?

Selanjutnya..

Salah Charge, Baterai Boros

Baca juga:  Mempersembahkan Mahakarya Swasembada Pangan

Terkait

Laman: 1 2 3

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel