Kodam II/Sriwijaya

Kesiapan Kodam II/Swj Hadapi Pilkada Serentak

Dibaca: 103 Oleh 25 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Dalam menghadapi Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015 mendatang, Kodam II/Swj memiliki peran dalam ikut menciptakan dan menjaga terwujudnya ketentraman serta ketertiban menjelang maupun selama pelaksanaan Pilkada serentak.

Demikian dikatakan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.Ip pada Rapat Fasilitasi Koordinasi Pimpinan Daerah se-Provinsi Sumatera Selatan tahun 2015, yang digelar di Ball Room Hotel Novotel Palembang, Rabu (25/11/2015).

Rapat fasilitasi yang bertemakan “Mewujudkan ketentraman dan ketertiban menjelang Pilkada Serentak tahun 2015”, antara lain dihadiri Gubernur Sumsel Ir. Alex Noerdin, Kapolda Sumsel, Danrem 044/Gapo, Ketua DPRD Sumsel, Kajati dan Undangan lainnya.

Dijelaskan oleh Mayjen TNI Purwadi Mukson bahwa tugas Kodam II/Swj terkait Pilkada mengacu pada UU TNI nomor 34/2014 pasal 7 pada point 9, yakni membantu tugas pemerintahan di daerah dan point 10 yakni membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang dalam undang-undang.

Pangdam II/Swj juga menjelaskan upaya yang dilakukan Kodam II/Swj dalam menciptakan situasi yang aman dan tertib, yakni dengan tetap menjaga netralitas TNI. Kemudian melaksanakan tindakan preventif dan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat untuk menciptakan Pilkada yang damai melalui kegiatan Binter berupa serbuan teritorial.

Selain itu, Kodam II/Swj juga melaksanakan sinergitas dalam melaksanakan pengamanan Pilkada serentak dengan mempedomani UU TNI pasal 7 dan 10 OMSP, mempedomani MOU TNI Polri terkait Pilkada, dan adanya keterpaduan komunitas intelijen pusat dan daerah dalam pelaksanaan tugas.

Kodam II/Swj sambung Mayjen TNI Purwadi Mukson juga menyiapkan personel dan alutsista untuk mendukung distribusi logistik Pilkada ke wilayah yang sulit untuk dijangkau. Selain itu, Kodam II/Swj akan menggelar kekuatan pasukan Pengamanan Pilkada serentak di Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada sesuai permintaan Polri, serta menyiapkan pasukan cadangan yang standby di Makodam II/Swj, yang siap untuk digerakkan sewaktu-waktu.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel