Berita Satuan

Layani Kesehatan, Satgas Yonif 509 Datangi Warga Papua di Pegunungan

Dibaca: 24 Oleh 03 Feb 2020Tidak ada komentar
Layani Kesehatan, Satgas Yonif 509 Datangi Warga Papua di Pegunungan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Jauhnya pusat kesehatan (12 km) yang harus ditempuh warga, membuat Satgas Yonif 509 berinisiatif mengirimkan Tim Kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga Kampung Tatakra.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., Psc., dalam rilis tertulisnya di Jayapura, Senin (3/2/2019).

Wira mengatakan, kegiatan yang dilakukan Tim Kes Pos Tatakra tersebut, digelar pada Jumat (31/1/2020), dengan pimpinan Danpos Letda inf Heriyansyah.

“Melihat kesulitan warganya, Danpos berinisiatif memberikan layanan kesehatan dari rumah ke rumah,” ujarnya.

“Semoga kegiatan tersebut, dapat membantu mengatasi kesulitan warga, terutama dalam mendapatkan layanan kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu, Letda inf Heriyansyah Purba mengatakan, kesulitan warga untuk memperoleh layanan kesehatan menjadi salah satu perhatian dari Pos Tatakra.

“Pelayanan kesehatan hanya dapat ditemukan di Ubrub yang berjarak lebih dari 12 km dari pusat Distrik Web,” ucap Heriyansyah.

“Selain itu, warga harus melewati gunung, hutan dan sungai untuk sampai di tempat tujuan,” jelasnya.

Baca juga:  TMMD selesai, ini Janji Warga Pitulasi kepada TNI

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pos Satgas terhadap warga binaannya yang minim akan pelayanan kesehatan.

“Disamping itu, kebiasaan warga yang masih enggan untuk dirawat inap, jika mengalami sakit dikarenakan jarak yang jauh dan tidak adanya akses transportasi darat,” jelasnya.

“Kegiatan dimulai dengan anjangsana mendatangi rumah-rumah warga yang ingin berobat dan mengalami sakit,” tambahnya.

Menurutnya, Satgas Yonif 509 yang berada di Pos Tatakra selalu ikut ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan.

“Biasanya kita lakukan bersamaan dengan kegiatan patroli keamanan di sekitar kampung, yang disertakan dengan pelayanan pengobatan keliling dari rumah ke rumah,” tandanya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari Martien Ball (tokoh masyarakat Tatakra). Dirinya menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian anggota Pos Tatakra terhadap warganya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel