Kodam V/Brawijaya

Linmas Memiliki Peran Penting Sebagai Mitra TNI Dan POLRI Dalam Setiap Pengamanan

Dibaca: 420 Oleh 06 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Kediri (5/11), Peran aktif Linmas (Perlindungan Masyarakat) sering dianggap sebelah matasejalan dengan kemajuan jaman pola pikir yang cenderung mengabaikan sering terlihat dengan kosongnya poskamling atau rubah fungsinya poskamling yang saat ini. “Keberadaan Linmas memiliki peran strategis yang tidak hanya berorientasi menjaga kamtibmas, tetapi juga garda terdepan dalam memberikan bantuan keselamatan jika terjadi bencana di masyarakat” kata Danramil Pesantren Kapten Inf Priyo Prasojo, dihadapan 230 orang anggota Linmas se Kota Kediri, Rabu (4/11).

“Linmas memiliki peran penting sebagai mitra TNI dan POLRI dalam setiap pengamanan, oleh karena itu diharapkan Linmas dapat menjadi pelopor terciptanya keamanan, ketentraman, ketertiban di masyarakat serta meningkatkan fungsi siskamling dalam masyarakat. Saya juga mengingatkan Linmas yang ada di Kota Kediri ini, untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan dan jalankan amanat tersebut dengan sebaik-baiknya” sambung Kapten Inf Priyo Prasojo pada acara Sosialisasi Peran Perlindungan Masyarakat Dalam Kamtib yang berlangsung di Aula Bakesbangpolinmas Kota Kediri.
Di era Orde Baru ,Poskamling sebagai acuan paling fenomenal di lingkungan masyarakat, dimana setiap kepala keluarga wajib mendapat jadwal rutin untuk mengamankan dan menertibkan lingkungan mereka sendiri. Hansip (Pertahanan Sipil) pada masa Orde Baru sangat berperan penting bukan hanya sebagai rutinitas yang ada di lingkungan masyarakat, tetapi juga agenda 5 tahunan Pemilu ,yang merupakan agenda berskala nasional.
“Jangan sekali-kali kita menganggap remeh peran aktif Linmas, ingat, tahun kemarin Pemilu 2014 telah digelar dengan aman dan tertib di Kota Kediri.
 
Dari Pemilihan Legislatif hingga Pemilihan Presiden, peran Linmas dalam menjaga situasi dan kondisi di TPS-TPS, perlu kita acungkan jempol dan apresiasi positif, bukan hanya keterlibatannya saja melainkan juga keberadaannya ditengah-tengah masyarakat” kata Kapten Inf Priyo Prasojo.
“Dalam menjaga keamanan, ketertiban dan mengurangi bencana, tenaga Linmas sangat dibutuhkan sewaktu-waktu dan peran Linmas untuk menciptakan situasi yang kondusif merupakan tanggung jawab bersama” pungkas Kapten Inf Prasojo, diacara yang juga dihadiri oleh Kepala Bakesbangpolinmas Kota Kediri, 3 Camat se Kota Kediri dan 46 Kepala Kelurahan Se Kota Kediri. (Penrem 082/CPYJ).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel