Satgas Pamtas

Manunggal Bersama Rakyat, Satgas Yonif 407/PK Bantu Warga Tanam Padi

Dibaca: 113 Oleh 09 Okt 2020Tidak ada komentar
Manunggal Bersama Rakyat, Satgas Yonif 407/PK Bantu Warga Tanam Padi
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Wujudkan kemanunggalan bersama masyarakat, anggota Satgas Yonif 407/PK ikut membantu para petani menanam padi di Dusun Sei Beruang.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P, dalam keterangan tertulisnya di Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas hulu, Kalimantan Barat, Jumat (9/10/2020).

Diungkapkan Dansatgas, selain m

enjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia, personel Satgas juga selalu terlibat dalam kegiatan yang bersentuhan dengan sosial, salah satunya ikut membantu menanam padi milik warga.

“Seperti yang dilakukan personel Pos Sei Beruang Satgas pada Rabu (7/10/2020), ikut ambil bagian dalam tradisi Nugal yaitu membantu proses penanaman padi yang ada di wilayah binaannya,” ujarnya.

“Nugal merupakan tradisi masyarakat di Dusun Sei Beruang, yang diawali dengan membuka (hutan rimba) secara bergotong-royong dengan cara nyuwah atau membakar lahan hutan yang akan dijadikan pupuk untuk tanaman padi,” jelasnya.

Manunggal Bersama Rakyat, Satgas Yonif 407/PK Bantu Warga Tanam Padi

Lebih lanjut dikatakan, ikut sertanya prajurit Satgas dalam kegiatan ini untuk membantu meringankan beban masyarakat perbatasan dalam menanam padi, terlebih karena luasnya tanah dan kurangnya bantuan untuk para petani dalam proses tanam padi pada lahan tersebut.

“Dipimpin oleh Danpos Sei Beruang Lettu Inf Adang Furqan Fahrial bersama anggota posnya terjun langsung membantu para petani mempercepat proses tanam padi,” sambungnya.

Di tempat terpisah Danpos Sei Beruang Lettu Inf Adang Furqan Fahrial mengatakan keikutsertaan personel Satgas berangkat dari kepedulian dan rasa simpati kepada masyarakat perbatasan karena sudah terjalinnya hubungan baik selama ini.

“Keikutsertaan kami juga menambah semangat dan keceriaan warga Pos Sei Beruang, karena selama ini hubungan kita sudah begitu dekat,” tandasnya.

Manunggal Bersama Rakyat, Satgas Yonif 407/PK Bantu Warga Tanam Padi

Sementara itu, Antonius (56) mengucapkan terima kasih bercampur senang kepada Satgas Yonif 407/PK karena telah menunjukkan kepeduliannya yang luar biasa kepada masyarakat perbatasan, salah satunya tergambarkan melalui proses membantu tanam padi atau Nugal.

“Kami senang akan kehadiran Satgas telah banyak membantu masyarakat di sini, dan ini yang membuat kami sudah seperti saudara,” pungkasnya sambil tersenyum. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel