TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kapuspen TNI: Kekuatan Media Sangat Berpengaruh Terhadap TNI

By 04 Dec 2014 17:24Berita Satuan
kursus3
 
 Bagi TNI sendiri, proses globalisasi dan demokrasi sangat berpengaruh terhadap organisasi TNI dimana pembentukan opini dan kontra opini tidak berlangsung secara seimbang, sehingga keyakinan orang terhadap opini itu jauh lebih besar daripada kontra opini yang diberikan. Demikian disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Fuad Basya saat membuka Pelatihan Reporter, Kameramen dan Fotografer unsur Penerangan TNI wilayah Jakarta, di Aula Balai Wartawan Puspen TNI Mabes TNI Cilangkap Jaktim, Rabu (03/12/2014).
 
Kapuspen TNI mengatakan bahwa, perkembangan arus globalisasi dan demokrasi begitu cepat yang ditandai dengan kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, berdampak pada seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat termasuk institusi TNI.  “Kemajuan proses globalisasi dan demokrasi yang terjadi terkadang itu benar, ada juga yang kurang benar, tetapi bisa menjadi benar semua, karena kemajuan teknologi yang sangat cepat, terutama teknologi media yang merupakan salah satu unsur sangat berpengaruh di seluruh dunia”, kata Kapuspen TNI.
 
Lebih lanjut dikatakan, organisasi TNI adalah satu-satunya organisasi yang bertanggung jawab penuh terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. Dalam  mengelola opini, apapun yang dilakukan oleh TNI, apabila hal tersebut negatif, hasilnyapun akan negatif. “Organisasi TNI harus mampu mengelola opini dengan sebaik-baiknya, mampu membentuk opini yang terbaik sehingga masyarakat memiliki kepercayaan penuh kepada TNI”, ujar Kapuspen TNI.
 
Menurut Kapuspen TNI, pelatihan ini merupakan bagian dari semua unsur dalam pembentukan opini positif TNI. Salah satu contoh, seorang reporter yang baik, benar, bagus dan pintar maka dia akan mengelola suatu berita menjadi berita yang positif sehingga akan membentuk opini positif.
 
“Peserta pelatihan harus memperhatikan materi yang disampaikan dari narasumber, sehingga dapat bermanfaat bagi satuannya, karena momentseperti ini tidak mudah didapatkan”, imbuh Kapuspen TNI.
 
Dalam kesempatan tersebut, atas nama Panglima TNI, Kapuspen TNI mengucapkan terima kasih kepada peserta yang hadir, bagi pemateri diharapkan ilmu yang diberikan bermanfaat bukan untuk pribadi melainkan untuk negara dan bangsa. Kemajuan TNI adalah kemajuan negara kita, karena di dunia ini apabila negaranya maju maka tentaranyaakan maju pula, begitupun sebaliknya.
 
Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga harimulai tanggal 3 s.d 5 Desember 2014, diikuti oleh 118 personel penerangan TNIwilayah Jakarta, terbagai dalam tiga kelompok yaitu Reporter, Fotografer dan Kameramen, yang dipandu oleh beberapa narasumber yang profesional dari media nasional.
 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kapuspen TNI: Kekuatan Media Sangat Berpengaruh Terhadap TNI