Berita Satuan

Cegah Virus Corona, Brigif R 9 Kostrad Siapkan Karantina dan Dapur Lapangan

Dibaca: 53 Oleh 27 Mar 2020Tidak ada komentar
Cegah Virus Corona, Brigif R 9 Kostrad Siapkan Karantina dan Dapur Lapangan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA,tniad.mil.id – Dalam mencegah penularan virus Corona (COVID-19) di wilayah Jember, Brigif Raider 9 Kostrad menyiapkan fasilitas karantina dan dapur lapangan di Jember Sport Garden (JSG).

Hal tersebut disampaikan Danbrigif Raider 9 Kostrad, Kolonel Inf Andreas Nanang D.P., S.I.P.,dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (27/3/2020).

Diungkapkan Danbrigif, penyiapan fasilitas karantina dan dapur lapangan pada Kamis (26/3/2020) terlaksana berkat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jember.

“Fasilitas ini kita siapkan sebagai langkah antisipasi mewabahnya virus Corona di tanah air, khususnya di Jember,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, di stadion ini, Brigif Raider 9 Kostrad menggelar dua set tenda lapangan yang salah satunya berfungsi sebagai dapur lapangan.

“Fasilitas karantina ini dilengkapi 173 buah fieldbed (tempat tidur lapangan) dan satu set alat perlengkapan dapur lapangan,” jelasnya.

Cegah Virus Corona, Brigif R 9 Kostrad Siapkan Karantina dan Dapur Lapangan

Andreas Nanang mengatakan, penyiapan sarana karantina ini merupakan wujud sinergitas TNI dan Forkopimda Kabupaten Jember untuk menindaklanjuti instruksi Pemerintah Pusat pada pembentukan Satgas percepatan penanganan di wilayah dari dampak yang ditimbulkan virus Corona.

“Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Jember, meskipun belum ada warga yang dinyatakan positif terpapar,” imbuhnya.

“Bagi siapa saja yang dinyatakan sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP) atau Orang Dalam Resiko (ODR) dapat ditangani secara dini dan maksimal di sini, sehingga meminimalisir penyebaran virus Corona di wilayah Jember, sekaligus menekan jumlah terpapar menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau bahkan positif,” tandas Andreas Nanang.

Senada dengan Danbrigif, Bupati Jember, dr. Faida, MMR., menjelaskan, kehadiran karantina ini dimaksudkan untuk memutus rantai penularan Covid-19 lebih cepat.

“Pemkab akan terus bekerja sama dengan TNI dan Polri termasuk tenaga medis yang telah disiapkan dari TNI-Polri untuk mencegah penyebaran/penularan Covid-19,” tuturnya.

Faida mengucapkan terima kasih atas kepedulian TNI, khususnya Brigif Raider 9 Kostrad bersama Kodim 0824/Jember dalam membantu Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Jember dalam menyikapi maraknya penularan virus Corona (COVID-19) yang sedang merebak di berbagai daerah di tanah air.

“Mari kita bersama-sama bekerja untuk mencegahnya, dan bagi warga yang merasakan keluhan pilek, demam dan sesak nafas, jangan ragu untuk datang supaya segera kita obati,” harapnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel