Satgas Pamtas

Layanan Kesehatan Satgas Yonif R 300 Jamin Kesehatan Warga Lansia di Perbatasan Papua

Dibaca: 24 Oleh 11 Mar 2020Tidak ada komentar
Layanan Kesehatan Satgas Yonif R 300 Jamin Kesehatan Warga Lansia di Perbatasan Papua
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Menjamin kesehatan warga usia lansia di wilayah Papua senantiasa terpelihara dengan baik, Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw menggelar pelayanan kesehatan kepada warga secara _door to door_ di Kampung Workwana.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Letkol Inf Ary Sutrisno S.I.P., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (11/3/2020).

Diungkapkan Dansatgas, pelayanan kesehatan warga yang dilaksanakan pada Senin (9/3/2020) yang difokuskan untuk para lansia ini, dipimpin Danpos Workwana, Letda Inf Radianto bersama lima personel yang mendatangi rumah mereka untuk diperiksa kesehatannya.

“Selain warga lansia, warga lainnya yang mengeluhkan kesehatan juga turut kita periksa. Pelayanan ini diberikan sebagai wujud kepedulian kepada warga yang membutuhkan di Distrik Mannem,” ujarnya.

Pelayanan kesehatan ini kata Dansatgas, untuk memudahkan warga khususnya para lansia dalam memperoleh pengobatan, dan ini diberikan secara gratis.

“Masih terbatasnya sarana kesehatan di perbatasan, menjadi perhatian Satgas dalam memberikan pelayanan kesehatan warga khususnya para lansia. Walau ada Puskesmas di wilayah ini, tapi karena letaknya yang cukup jauh, menyulitkan mereka untuk memeriksakan kesehatannya, “jelasnya.

Baca juga:  Pangdivif 1 Kostrad Lepas Keberangkatan Yonif Raider 321/GT Kostrad Jaga Perbatasan RI-RDTL

“Belasan para lansia yang kita periksa rata-rata mengeluhkan hipertensi (darah tinggi), asam urat, maag, dan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas),” imbuh Ary Sutrisno.

Pemberian pelayanan kesehatan kepada para lansia, tambah Ary Sutrisno, guna menjamin terpeliharanya kesehatan dan kondisi tubuh yang sehat walau sudah lanjut usia.

“Selain memeriksakan kesehatannya, Satgas juga memberikan obat-obatan berupa vitamin sekaligus pengecekan tensi kepada kepada para lansia ini,” tandasnya.

Layanan Kesehatan Satgas Yonif R 300 Jamin Kesehatan Warga Lansia di Perbatasan Papua

Di tempat terpisah, senada dengan Dansatgas, Danpos Workwana, Letda Inf Radianto mengatakan bahwa pelayanan kesehatan ini merupakan wujud kepedulian Satgas kepada para warga lansia yang ada di Kampung Workwana.

“Dalam setiap kesempatan, Satgas akan terus berupaya memberi pelayanan kesehatan kepada warga. Ini kita lakukan dalam upaya meringankan beban hidupnya,” terangnya.

“Selain mendapatkan pelayanan kesehatan, masyarakat juga diberikan pengarahan tentang pola hidup sehat serta pentingnya menjaga lingkungan tempat tinggal. Diharapkan melalui sosialisasi ini, masyarakat terhindar dari segala macam penyakit, dan hidup lebih sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Ibu Lidia (55), salah seorang warga lansia yang mendapatkan pelayanan kesehatan mengucapkan terima kasih kepada Satgas yang telah memberikan pelayanan kesehatan bagi warga khususnya para lansia.

Baca juga:  Jaga Warga Wiltas dari Covid 19, Satgas Yonif R 142 Perketat Keamanan

“Semoga ke depannya, kegiatan seperti ini dapat terus berjalan, karena ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” pungkasnya sambil berharap. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel