Satgas Pamtas

Pastikan Aman, Satgas Pamtas Yonif R 200/BN Gelar Patroli Patok di Perbatasan

Dibaca: 104 Oleh 12 Okt 2020Tidak ada komentar
Pastikan Aman, Satgas Pamtas Yonif R 200/BN Gelar Patroli Patok di Perbatasan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Memastikan Wilayah Perbatasan (Wiltas) RI-Malaysia dalam keadaan aman, Satgas Pamtas Yonif Raider 200/Bhakti Negara yang bertugas pokok menjaga kedaulatan negara menggelar patroli patok.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 200/BN Mayor Inf Andy Irawan S.H dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis Desa Batu Majang Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Senin (12/10/2020).

Diungkapkan Dansatgas, salah satu tugas pokok TNI dalam hal ini Satgas Pamtas Yonif Raider 200/BN adalah mengamankan wilayah perbatasan yang diimplementasikan di antaranya dengan melaksanakan patroli patok.

“Patroli ini dilakukan untuk memberikan gambaran nyata tentang kondisi alam perbatasan Indonesia dan Negara Malasyia,” ujarnya.

Pastikan Aman, Satgas Pamtas Yonif R 200/BN Gelar Patroli Patok di Perbatasan

“Pengecekan patok perbatasan ini juga merupakan salah satu tugas pokok Satgas Pamtas sebagai penjaga perbatasan negara,” jelas Andy Irawan.

Selanjutnya Andy Irawan juga mengatakan bahwa patroli ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga keamanan wilayah perbatasan RI-Malaysia dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang sering melaksanakan praktek ilegal.

“Rute menuju patok perbatasan yang menjadi tanggung jawab Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 200/BN memiliki medan dan jalur yang cukup ekstrim dan harus melewati pegunungan, sungai, rawa dan membelah lebatnya hutan Kalimantan,” sambungnya.

Menurut Andy Irawan, digelarnya patroli patok ini untuk memastikan kondisi Patok Batas Negara tidak bergeser ataupun rusak.

Pastikan Aman, Satgas Pamtas Yonif R 200/BN Gelar Patroli Patok di Perbatasan

“Karena hal ini menyangkut tentang kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Disebutkan pula, apabila ditemukan ada patok yang rusak atau hilang, Satgas akan segera melaporkan untuk selanjutnya diambil langkah oleh Pimpinan.

“Bagi kami, mengemban tugas ini merupakan suatu kehormatan. Dan kami dengan segenap kemampuan akan melaksanakan tugas ini dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab,” pungkasnya mantap. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel