Satgas Pamtas

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif RK 744 Sambangi SMP Negeri 1 Silawan

Dibaca: 52 Oleh 15 Okt 2020Tidak ada komentar
Perpustakaan Keliling Satgas Yonif RK 744 Sambangi SMP Negeri 1 Silawan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Peduli akan pendidikan generasi muda perbatasan RI-RDTL, Satgas Yonif Raider Khusus 744/SYB memodifikasi kendaraan roda dua menjadi motor pintar sebagai perpustakaan keliling untuk menyambangi SMP Negeri 1 Silawan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/10/2020).

Diungkapkan Dansatgas, gerakan kreatif dan inovatif dengan memodifikasi kendaraan roda dua menjadi motor pintar kepada siswa-siswi dalam memberikan pelayanan perpustakaan keliling, salah satunya dengan mendatangi sekolah SMPN 1 Silawan, di Desa Silawan kecamatan Tasifeto Timur pada Selasa (13/10/2020).

Diungkapkan Dansatgas, alasan personel Pos Damar membuat motor pintar adalah karena melihat banyak siswa – siswi yang diliburkan akibat dampak dari masih merebaknya Covid – 19 di perbatasan.

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif RK 744 Sambangi SMP Negeri 1 Silawan

“Dikomandoi Danpos Damar Letda Anggun Wahyu Wuryanto bersama tiga anggota Pos Damar yaitu Pratu Angga Yudha,Pratu Sembiring dan Pratu Yogie, memanfaatkan kendaraan roda dua dan buku-buku pelajaran serta pengetahuan umum yang dimiliki oleh Satgas untuk dijadikan sebagai motor pintar,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, mencerdaskan anak-anak perbatasan juga merupakan salah satu tugas Satgas dalam pembinaan teritorial yaitu dengan memberikan pelayanan dan tenaga pendidikan untuk mencerdaskan generasi muda bangsa ini.

“Inilah wujud kepedulian Satgas dalam membantu pemerintah mewujudkan pemerataan pendidikan, dan kami berharap yang Satgas hadirkan ini dapat membantu mengatasi kejenuhan siswa karena sekolah diliburkan pada masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Di tempat terpisah Danpos Damar Letda Anggun Wahyu Wuryanto mengungkapkan bahwa dengan adanya buku-buku ini anak-anak dapat memanfaatkannya untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif RK 744 Sambangi SMP Negeri 1 Silawan

“Buku tidak lantas membuat kita pintar, tapi setidaknya dengan membaca maka wawasan kita akan bertambah. Dengan mempunyai wawasan yang luas dapat memberikan manfaat membimbing kita dalam menjalankan kehidupan sehari- hari,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala sekolah di SMPN 1 Silawan Petrus Bere (45) mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas yang telah berkesempatan hadir memberikan pelayanan perpustakaan keliling di sekolah tempatnya mengajar dengan menggunakan media kendaraan roda dua sebagai motor pintar.

“Kehadiran perpustakaan keliling ini disambut semangat dan gembira oleh siswa-siswi di sekolah SMPN 1 Silawan, hal itu terlihat dari antusiasnya anak-anak di sekolah yang berkumpul dan berlomba memilih buku yang mereka inginkan,” tuturnya.

“Terima kasih kepada Bapak TNI, kehadiran motor pintar sebagai perpustakaan keliling tersebut membuat anak – anak kami mendapatkan motivasi untuk lebih giat belajar dan berlatih selama kegiatan di sekolah,” tandas Petrus Bere.

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif RK 744 Sambangi SMP Negeri 1 Silawan

Hal senada disampaikan Andi (14) salah satu siswa di sekolah SMPN 1 Silawan mengucapkan terima kasihnya kepada TNI yang hadir membawa buku-buku dengan motor pintar sebagai perpustakaan keliling tersebut.

“Kehadiran motor pintar ini membuat kami mendapat informasi dan pengetahuan baru, apalagi buku-buku yang disediakan di sini beragam mulai dari buku pelajaran sekolah dan pengetahuan umum,” ucapnya.

“Kami sungguh senang, motor pintar ini akan membuat kami lebih semangat dalam belajar, apalagi Bapak TNI juga bisa menjadi pendamping kami dalam menghadapi kesulitan dalam memecahkan persoalan,” pungkas Andi tersenyum bangga. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel