TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 1711/BVD Bersama Dengan Masyarakat Melaksanakan Panen Padi Perdana di Distrik Kombut

By 16 Mar 2016 12:05Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2016-03-16_13-32-08

Pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi bangsa Indonesia mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh masyarakat maupun Pemerintah. Dalam upaya peningkatan produktifitas pangan di kabupaten ini beberapa bulan yang lalu Babinsa Ramil 1711-02/mindip tana Sertu Titus mengajak dan sekaligus memberikan pendampingan Upsus kepada masyarakat Kp.Kombut ini untuk bersama-sama membuka lahan seluas 2 Hektar untuk di jadikan lahan padi.

Awalnya Kp.Kombut ini tdk memiliki lahan untuk dijadikan lahan padi akan tetapi dengan semangat serta kemauan Babinsa mendampingi dan mengarahkan masyarakat untuk bercocok tanam sehingga kampung ini memiliki lahan seluas 2 HA dan disponsori oleh Dinas pertanian Kab.Boven digoel mulai dari tahap pembukaan lahan, pengolahan lahan, penyamaian padi dan pemeliharaan padi serta pemupukan padi dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya bantuan dari Dinas Pertanian Boven Digoel disertai semangat para babinsa koramil 1711-02/Mindip Tana dalam mendampingi serta memberikan motivasi sehingga dapat terbentuk kelompok tani kampung Kombut ini, dari semangat dan kegigihan masyarakat Kombut untuk dapat Mandiri bidang Swasembada Pangan maka dapat menghasilkan hasil yang memuaskan untuk bisa melaksanakan Panen Padi Perdana.

Maka dengan itu Kamis (10/3/16) pukul 09.00 WIT bertempat di Kampung Kombut distrik Kombut  Kab. Boven Digoel Dandim 1711/BVD bersama dengan Kepala Dinas pertanian serta  masyarakat Kelompok Tani kampung Kombut melaksanakan Panen Padi perdana. Adapun luas lahan padi yang saat ini di penen oleh masyarakat kelompok tani kampung Kombut ini adalah seluas 2 Hektar dan jenis padi yang di panen adalah: IR 64. kegiatan  panen padi perdana ini turut hadir sbb: Dandim 1711/BVD, Kepala Dinas Pertanian, Danramil 1711-02/Mindip tana, Kapolsek mindip tana,kepala Kp.Kombut , PPL dinas pertanian kab.boven Digoel, Babinsa ramil 02/Mindip tana, serta kelompok tani kampung Kombut.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian bpk. Martinus Wage mengucapkan terimaksih kepada masyarakat dimana masyrakat sudah berhasil mengelolah lahan padi yang saat ini kita dapat melaksanakan panen perdana. saya juga mengucapkan terimaksih kepada Babinsa yang telah melaksanakan pendampingan selama ini kepada masyarakat untuk mensukseskan swasembada pangan di Kp.Kombut ini dapat diwujudkan dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan untuk kepentingan masyarakat. Kepala Dinas juga menambahkan bahwa kegiatan ini masih tahap awal penanaman lahan seluas 2 Hektar kedepan akan ditingkatkan menjadi 10 Hektar, Mudahan apa yang telah di lakukan ini bisa menjadi contoh di kampung yang lain dan bisa mendorong dan meningkatkan pertanian dimasa yang akan datang.

Dandim 1711/BVD Letkol Kav Bambang sutrisno juga  berharap agar kedepan hasil panen padi dapat ditingkatkan lagi, selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, juga dapat mewujudkan swasembada pangan di Kab. Boven Digoel khususnya di kampung Kombut ini, sehingga tidak lagi ketergantungan beras kepada daerah lain. Kepada seluruh Babinsa Dandim menekankan sebagai aparat kewilayahan yang berada di masing-masing jajaran Koramil supaya lebih aktif dalam memberikan pendampingan serta motifasi kepada Kelompok tani agar bersemangat dalam mengelola lahan pertanian untuk mensukseskan program pemerintah pusat maupun daerah demi tercapainya keberhasilan swasembada pangan di Kab. Boven Digoel ini. Untuk memotivasi kelompok tani Dandim juga memberikan bantuan peralatan panen berupa Sabit sebanyak 15 buah,Karung 150 lembar dan terpal 2 buah.

Ketua kelompok tani kampung Kombut  bapak Yonarius bunop juga mengucapkan terimakasi yang sebesar besarnya kepada pemerintah daerah dan juga Babinsa Koramil 1711-02/Mindip tana yang sdh mensponsori atau mendampingi kami mulai dari awal pembukaan lahan, penanaman padi, perawatan serta pemupukan hingga sampai saat ini kita dapat merasakan hasilnya melalui panen padi perdana dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 1711/BVD Bersama Dengan Masyarakat Melaksanakan Panen Padi Perdana di Distrik Kombut