TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0707 Wonosobo Prakarsai Parade Kuda Kepang di Wonosobo

By 23 Oct 2016 13:20Berita Satuan
10S1DAM-4

Kodim 0707 Wonosobo menggandeng Kantor Parekraf dan Dikbudpora untuk menggelar Parade Kuda Kepang dalam rangka peringati HUT ke 71 TNI tahun 2016 di Wonosobo, Sabtu (22/10).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 34 grup kesenian kuda kepang dari berbagai desa di 15 Kecamatan yang ada di wilayah Wonosobo.

Tujuannya selain memperingati HUT ke 71 TNI, juga untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Aksi ratusan penari kuda kepang dimulai dari perempatan Honggoderpo jalan A Yani dan berakhir dengan pentas di depan Markas Kodim 0707 Wonosobo. Selama aksinya tersebut para peserta berhasil menarik antusiasme ribuan penonton yang sudah memadati sepanjang rute parade sejak pagi.

“Bagus dan sangat menghibur, kostumnya variatif, gerakannya juga sangat kompak,” ungkap Nurwahid (33), wisatawan asal Sukabumi Jawa Barat, yang menginap di salah satu hotel di Jalan A Yani.

Sambutan positif dari warga masyarakat maupun wisatawan terhadap gelar festival Kuda kepang, menurut Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Purnomo selayaknya memacu semangat para pelaku industri pariwisata di Wonosobo yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami lonjakan jumlah kunjungan wisatawan, diakui Agus memang harus menambah destinasi objek wisata, termasuk mengintensifkan gelar seni dan budaya.

“Inisiatif Kodim 0707 yang mengajak Kantor Parekraf dan Dikbudpora untuk menggelar Parade Kuda Kepang dalam rangka merayakan HUT ke 71 TNI ini saya apresiasi, dan kita berharap di tahun mendatang bisa kembali digelar,” tandas Agus.

Semakin semaraknya Wonosobo dengan gelar kesenian dan budaya, diyakini Agus bakal mampu menarik minat wisatawan untuk datang dan berkunjung, tak hanya ke objek wisata, tapi juga untuk menikmati seni dan tradisinya.

Keluar sebagai juara dalam festival Kuda Kepang Terbut yaitu sebagai juara grup Kuda kepang Joko Pengasih dari sumberan, Wonosobo. Juara dua grup Kuda Kepang Krido Budoyo dari Keseneng, Mojotengah. Dan juara ketiga grup Kuda Kepang Wahyu Turonggo dari Kwadungan, Kalikajar. Sedang untuk harapan satu Wening Budoyo, Pancurwening, Wonosobo. Juara dua Turonggo Putro Kepil, Wonosobo dan juara tiga Merdi Budoyo Lumajang, Watumalang,Wonosobo. Terakhir untuk juara favorit Ngesti Laras dari Kecamatan Wonosobo. Tim Juri berasal dari Dinas Pariwisata Propinsi DR.Yoyok Bambang Priyambodo M,M, Bagus Sujatmiko SSn dari ISI Surakarta dan Sih Ngabekti S.Sos dari Temanggung.
Wirogo,Wiromo,dan Wiroso merupakan 3 kriteria penilaian yang di lakukan oleh Juri dari luar daerah biar fair dalam menilai. Pemberian hadiah berupa Tropy dan uang pembinaan dilakukan oleh Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0707 Wonosobo Prakarsai Parade Kuda Kepang di Wonosobo